Snack's 1967


File Pribadi

Wahid Puja Kesuma
11013101513
FTK/KI/BK/II/A

Psikologi Umum

1. Sebutkan pengertian Psikologi menurut 2 orang pendapat ahli dan beri argument Anda tentang kedua pendapat tersebut.

Jawab:

a. Crow & Crow
Psikologi adalah tingkah laku manusia, yakni interaksi manusia dengan sekitarnya, baik berupa manusia lain maupun bukan manusia; hewan, iklim, kebudayaan dan sebagainya.

b. Chaplin (1927)
Psikologi ialah ilmu pengetahuan mengenai perilaku manusia dan hewan.

Pendapat Crow & Crow mengenai Psikologi hanya terbatas pada manusia dan lingkungannya saja. Pedanglo menurut Chaplin, Psikologi berarti mencakup lebih luar; manusia dan hewan. Menurut saya, pendapat Chaplin ini yang juga mencakup hewan adalah kurang tepat. Mengingat bahwa tingkah laku hewan pada umumnya tidak mudah untuk dipahami.

2. Kemukakan pendapat Anda tentang hubungan Psikologi dengan Biologi, Ilmu Sosial dan Ilmu Filsafat dan beri contoh masing-masing.

Jawab:

Ilmu Biologi mempelajari tentang fisik/jasmani. Sedangkan Psikologi mempelajari tingkah laku. Ini sangat berkaitan karena kondisi fisik juga dapat berpengaruh pada keadaan jiwa seseorang. Contohnya, ketika seseorang sedang dalam keadaan sakit, ia akan cenderung banyak diam daripada biasanya.

Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang hubungan antar individu atau kelompok. Dengan demikian maka antara Psikologi dan Sosiologi keduanya sangat berhubungan. Hubungan sosial seseorang dapat mempengaruhi tingkah laku orang tersebut. Contohnya ketika seseorang terbiasa hidup dalam lingkungan yang keras, maka ia akan bisa cenderung bersifat keras pula.

Filsafat dapat dikatakan sebagai hasil akal manusia yang memikirkan sebuah kebenaran terdalam. Psikologi berhubungan dengan Filsafat sebab Psikologi juga bagian dari Filsafat.

Contoh: Ketika seseorang meyakini sesuatu sebagai yang benar, maka ia akan berusaha selalu mengikutinya.

3. Apa yang Anda ketahui tentang Sensasi dan Persepsi. Bagaimana proses dari sensasi dan persepsi serta beri contoh sensasi dan persepsi pada peserta didik.

Jawab:

Sensasi merupakan stimulasi dari panca indera. Meliputi fungsi visual, audio, penciuman, pengecapan dan perabaan. Sedangkan persepsi adalah tindakan mental/proses yang mengatur, mengelompokkan, memilah ataupun memberi makna terhadap informasi/stimulasi yang diterima (sensasi). Masing-masing orang bisa memiliki persepsi yang berbeda terhadap sesuatu.

Proses sensasi yaitu berawal dari diterimanya informasi melalui penginderaan. Kemudian informasi tersebut dikirim ke otak untuk kemudian dimaknai. Sedangkan persepsi dapat dipahami sebagai proses lanjutan dari sensasi. Yaitu bagaimana seseorang mengartikan sebuah sensasi.

Contohnya pada peserta didik seperti saat guru menerangkan materi pelajaran. Pelajaran tersebut diterima sebagai informasi oleh indera murid. Kemudian disampaikan pada otak. Informasi tersebut diproses lagi di otak dan selanjutnya menghasilkan persepsi. Persepsi ini bisa berbeda-beda. Pada seorang murid misalnya menganggap pelajaran yang disampaikan guru itu penting dan juga menyenangkan. Sedangkan bagi murid lainnya bisa pula berbeda dan menganggap pelajaran itu membosankan.

4. Apa yang Anda ketahui tentang belajar? Beri contoh arti belajar (menemukan, mengingat dan menjadi efisien) yang berada pada saat bersamaan ketika pengetahuan diterima oleh anak saat proses pembelajaran.

Jawab:

Belajar merupakan proses dimana tingkah laku dimunculkan atau diubah melalui latihan ataupun pengalaman. Belajar dipengaruhi oleh faktor dari luar dan dalam diri dan keduanya saling berinteraksi. Berkaitan dengan arti belajar (menemukan, mengingat, menjadi efisien) dapat dicontohkan sebagai berikut:

Seorang anak menerima nasihat dari ibunya bahwa menyakiti teman atau orang lain itu adalah tidak baik dan tidak patut untuk dilakukan. Di kemudian hari ia melihat seorang temannya memukul teman lainnya. Lalu ia menegurnya dan mengatakan bahwa perbuatan temannya itu adalah tidak baik.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa anak itu sebelumnya telah menerima nasihat dari ibunya. Saat ia melihat temannya nakal, ia teringu nasihat tersebut lalu menegur temannya itu (menjadi efisien).

5. Beri penjelasan Anda tentang teori Classical Conditioning dan Operant Conditioning berikut contoh masing-masing.

Jawab:

a. Classical Conditioning
belajar dalam teori ini merupakan perubahan tingkah laku yang terus-menerus yang timbul akibat stimulus yang dibiasakan. Target belajar dalam teori ini seolah secara tak sadar dapat dikendalikan asal didahului dengan stimulus. Sebagai contoh, seorang guru menyertakan joke dalam penyampaian materi yang diajarkannya. Joke disini dapat dianggap sebagai stimulus yang bertujuan gas siswa senang dan tidak bosan dalam mengikuti pelajaran.

b. Operant Conditioning
Teori ini sejatinya merupakan perkembangan dari Classical Conditioning. Dimana ada dua prinsip umum di dalamnya yaitu:
1. Respon yaang diikuti stimulus yang menguatkan cenderung akan diulang. Stimulus penguatan terbagi dua, penguatan positif dan penguatan negatif.
2. Stimulus pengutan adalah sesuatu wni memperbesar terjadinya respon.

Contoh: Murid yang mendapat nilai ulangan bagus diberi sulin oleh guru. Sedangkan murid yang nilainya kurang baik cenderung diabaikan atau diberi peringatan.
Pujian tersebut merupakan penguatan positif bagi murid agar ia tetap bisa mendapat nilai yang baik dalam ulangan selanjutnya. Sedangkan peringatan dari guru pada murid yang nilainya buruk merupakan penguatan negatif agar anak itu mau berusaha lagi memperbaiki belajarnya.

Dibaca: 778