Wapper Tukang copas (copy-paste), tukang bajak dan plagiator brengsek !!

"yia, yia, yiaa.. Lagi-lagi elu bikin judul kurang ajar.. Pasti elu mau menghina wapper lagi kayak kemarin di Warung Uwapper nih.. Iya kan ?!" hardik Pak Bingung bin Lebay sambil mengacungkan goloknya geram.

"A.. A.. Ampun.. Aku percaya kok golok ente tajem.. udahlah, kalo ente nggak mau baca dan langsung ngamuk, mendingan aku melarikan diri duluan ye.." ucap Puja Brengsek sambil pasang kuda-kuda jurus hendak kabur tanpa bayangan.

"eits.. Bentar-bentar. Udah nih, gua simpen ini golok. Coba elu mau ngomong apa, gua mau denger. Kali aja elu sekarang udah tobat." cegah Bingung bin Lebay.

Puja Brengsek: "ehm, nggak mau ah. Paling juga ntar ente brutal kayak satpol Pe Pe lagi."

Bingung bin Lebay: "wahaha, sori coy, kemaren gua esmosi banget. Udah, sekarang nggak lagi dah. Elu takut amat sih.."

Puja Brengsek: "lha ente datang-datang langsung bikin kaget aja, lagi asyik-asyik bakar belalang di pinggir kali gini juga. Ngerusak suasana aja.." (sambil membolak-balik belalang panggang yang hampir matang.)

Bingung bin Lebay: "wahaha Puja.. ngambek nih ngambek.. Sori dah sekali lagi sori.."

Puja Brengsek: "iya dah, aku maafin. Aku kan baek.. Nih belalang bakar, mau nggak ente? Aku udah habis banyak dari tadi, Enak lho.."

(duduk menghadap bara api)

Bingung bin Lebay: "hmm.. Ajip.. Ajip.. Ini santapan favorit gua waktu kecil dulu. Hahaha nikmaaatt.. Kriukk.. Krrriukk.."

Puja Brengsek: "yo i Bay.. Tadinya gue kesini mau mancing, tuh aku bawa pancing selusin. Tapi kayaknya ikan-ikan disini udah pada terdidik apa yah, nggak mau makan pancing. Ya saking sakit atinya aku nggak dapet ikan, akhirnya aku bakar belalang aja, lagian banyak banget disini belalang. Lumayan buat asupan protein tambahan. Hehe"

Bingung bin Lebay: "halah, gombal. Bilang aja lu kelaparan. Eh, itu lu nulis judul gitu apa maksudnye tuh, Pake ada brengseknya segala?"

Puja Brengsek: "oh ntu.., itu tuh menyangkut soal kriminal bleh !"

Bingung bin Lebay: "hah, serius lu?!"

Puja Brengsek: "serius dong, ini menyangkut pencurian karya orang lain. Yaitu "COPAS" alias copy paste di dunia internet."

Bingung bin Lebay: "ah, cuma gitu doang juga. Masak lu bilang kriminal.. Gua aja sering kok.."

Puja Brengsek: "Oo kalo ente mah emang dasarnya udah tampang kriminal !! Haha.. Sori coy, becandaa.."

Bingung bin Lebay: "hoho, lha terus gimana tuh maksudnya kriminal? Apa copy tulisan orang lain itu semuanya jahat?"

Puja Brengsek: "o, ya bukan berarti semua yang copas itu jahat bleh, kalau pakai aturan ya itu sah-sah aja.."

Bingung bin Lebay: "lho, copas ada aturannya juga toh?

Puja Brengsek: "Tentu, ente pernah sekolah sampe SMA kan?"

Bingung bin Lebay: "iya, betul. Terus?"

Puja Brengsek: "Nah, kan pernah diajarin tuh, kalo buat sebuah karya ilmiah, atau sebut aja tulisan, kalau mengutip tulisan disitu kan diwajibkan juga mencantumkan daftar pustaka alias referensi alias sumbernya. Lha.. Begitu juga kaitannya dengan tulis-menulis di dunia internet yang maha luas ini juga wajib melampirkan sumbernya atau istilah edannya ya ''source link'lah.. Jadi tidak etis kalau main klaim sendiri tulisan orang lain."

Bingung bin Lebay: "Oo" (melongo) "terus apa ruginya seandainya nggak dicantumkan sumber itu tadi?"

Puja Brengsek: "Walahh !! Ente ini gimana sih? Ya jelas rugi dong.. Meskipun bukan selamanya rugi materi tapi setidaknya ya sakit hati. Coba ente udah pusing-pusing nulis sebuah buku misalnya, eh di kemudian hari malah ada orang yang klaim seenaknya sendiri tulisan ente itu, dongkol kan?" (berapi-api (pengaruh radiasi api didepannya)

Bingung bin Lebay: "hehe iya yah.. Tapi nggak juga lah, lha aku aja nggak pinter nulis hahaha.."

Puja Brengsek: "nah, mulai sekarang jangan diulangi lagi ye.."

Bingung bin Lebay: "iya dah nggak mau lagi. Tobat ah tobaa..aat. Tapi Sek, apa semua plagiator itu brengsek? kalo kasusnya kayak aku ini, memang asli dari alam sononya nggak tau, gimana?"

Puja Brengsek: "hehe, gini, untuk lebih gampangnya kita bagi aja tingkatannya gimana? Okelah, yang pertama Tukang Copas Kurang Brengsek. Penggemar copy paste tingkat seperti ini merupakan plagiator tingkat dasar. Orang seperti ini bahkan nggak tau atau nggak sadar kalo dirinya udah jadi tukang copas (kurang brengsek). Dia nggak tau sama sekali bahwa dalam mengutip tulisan orang lain etikanya adalah dengan mencantumkan sumbernya. Pokoknya asal dapet tulisan keren ya langsung main embat aja terus diposting deh di rumahnya tanpa pake sumber. Kayak ente nih, hehehe.."

Bingung bin Lebay: "wahahai, sialan lu Sek ! Terus.. Terus.."

Puja Brengsek: "Kedua, Tukang Copas Sedang Brengsek. Plagiator pada semester ini pengetahuannya tentang tata tertib menyalin sudah sedikit tahu, sudah mending lah.. Cuma, dia sengaja nggak tulis siapa penulis aslinya. Dia nggak terlalu anggap penting pasal ini. Yang penting biar bisa pamer dan dibilang keren aja lah sama pacar atau orang yang kebetulan lewat ke situsnya, itu udah cukup."

Bingung bin Lebay: "hahaha.. Dulu gua juga gitu tuh, gua bangga-banggain abis-abisan sama Tuyem si janda muda. Wkwk"

Puja Brengsek: "hahahah, ente dari dulu targetnya kok janda semua.. Payah.."

Bingung bin Lebay: "he, biarin.. Yang penting berpengalaman.. Wkwk . Terusin dong.."

Puja Brengsek: "oke, selanjutnya, "Tukang Copas Brengsek Banget". Waah, ini nih, yang paling brengsek diantara yang brengsek-brengsek. Keahliannya dalam mencuri tulisan sudah cekatan banget. Dia paham betul mengenai aturan-aturan dalam mengutip tulisan. Tapi dia sama sekali nggak menghargai hasil karya dan kerja keras menulis dari orang lain. Tulisan karya orang lain itu akan dianggap tulisannya sendiri pada siapapun. Dipertahankan sekuat tenaga, bahkan sampai mati sekalipun. Nggak lain-lain, itu cuma supaya situsnya ramai pengunjung dan diacungi jempol oleh orang yang benar-benar mengira bahwa dialah penulisnya. Wah, wah, hebat kan.. Nekat benar.. "kurang ajar !! Brengseeekk !!" begitu mungkin kata penulis aslinya. "

Bingung bin Lebay: "waah, iya yah.. Kalo sampe tulisan gua digituin, bakal gua damprat mati-matian itu tukang copas.."

Puja Brengsek: "hahaha.. Sadar Bay ! Ente aja nggak pernah nulis, gimana mau dibajak.."

Bingung bin Lebay: "waduh, elu jangan remehin gua Sek !! Gini-gini gua juga punya potensi menulis !!" (setengah tersinggung)

Puja Brengsek: "hoho, gitu ya.. Nggak malu tuh sama copasan ente.. Dasar muka badak !!" (diberani-beranikan)

"Ooo mulai lagi lu !!" bentak Bingung bin Lebay.

"Hekk.. Woy ! Turunin aku !! Ampun ! Ampun !! Lepasin ! Lepasiiin !!" teriak Puja Brengsek meronta dicengkeweng Bingung bin Lebay.

Bukk !!

Adaaaawww....!!! Jerit Bingung bin Lebay sambil menungging membelakangi Puja Brengsek seraya memegangi sesuatu.

"Rasain !! Keras juga kan lutut gue ! Bengkak bengkak dah properti ente !!" maki Puja Brengsek di hati.

Bukkk !!

Byurrr !!

Puja Brengsek lari secepat kilat. "hahaha, mantap dah.. Rasain juga tuh tendangan mautku !! Siapa suruh nungging-nungging. Kenyang kenyang dah ente minum air kali... " teriak hati Puja Brengsek puas dalam pelariannya.

11 March 2011 by Puja K.

Dibaca: 1133




Teya Salat